Rabu, 11 Maret 2015

LOMBA CERPEN LAHAT UNTUK NUSANTARA

Lomba bagus. Yang minat dan yang siap, silakan ikut...
LOMBA CERPEN LAHAT UNTUK NUSANTARA (http://www.marwanmansyur.org/lomba-cerpen-lahat-untuk-nusa…/)
www.marwanmansyur.org bekerjasama dengan Komunitas Sastra Terusan Tua Jogjakarta, Komunitas Sastra Palembang, Komunitas Sastra Bukit Barisan Lahat mengadakan sayembara Penulisan Cerpen.
Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Berkat Rahmat dan karunia Nya lah www.marwanmansyur.org dapat diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi dan juga menjadi salah satu media informasi serta media yang menampung kreatifitas menulis dan membaca.

Dalam Rangka Louncing www.marwanmansyur.org ini kami bekerja sama dengan Komunitas Sastra Terusan Tua Jogjakarta, Komunitas Sastra Palembang dan Komunitas Sastra Bukit Barisan Kabupaten Lahat menyelenggarakan Lomba penulisan Cerita Pendek (Cerpen).
Semoga apa yang kita lakukan ini dapat menjadi salah satu kegiatan untuk mewarnai dan lebih meramaikan dunia sastra di Indonesia dan menjadi sebuah permulaan yang akan terus berkelanjutan dikemudian hari.
TERUSLAH BERKARYA
SALAM BUDAYA DARI KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN.
Negeri kita terdiri dari ratusan suku bangsa yang memiliki gaya ungkap bahasa berbeda-beda, juga ragam budaya dan tradisi yang khas. Dan kami sangat yakin di setiap tempat di Nusantara ini memiliki kekayaan alam yang mempengaruhi kehidupan masyarakatnya dari aspek ekonomi, budaya maupun politik. Untuk meningkatkan daya dan iklim kreatifitas, media kami www.marwanmansyur.org bekerjasama dengan Komunitas Sastra Terusan Tua Jogjakarta, Komunitas Sastra Palembang, Komunitas Sastra Bukit Barisan Kabupaten Lahat membuka kompetisi menulis cerita pendek tingkat nasional yang berkaitan dengan pandangan di atas. Sebagai sedikit catatan, kompetisi yang perdana ini kami sangat menghargai bila karya yang diikutsertakan tidak bernuansa urban, dan memberi sentuhan warna lokal yang mengidentifikasikan suatu subkultur yang menjadi tempat tumbuh diri pengarang. Namun tetap mencerminkan pluralitas bangsa dari suatu eksotisme Indonesia yang khas. Karena bagi kami sebuah karya sastra fiksional tidak bernilai relatif dan tidak bisa direlatifkan begitu saja dengan bisa dinilai segala lapisan masyarakat, sebab persoalan penilaian sastra mengenal tingkatan dan adu corak estetika yang dipandang sebagai personal taste, subjektivitas kolektif, yang tidak relatif.
Berikut syarat dan ketentuannya.
Syarat Umum:
Peserta adalah WNI.
Tema: “Kekayaan Bangsa Indonesia dalam Kehidupan Berbudaya.”
Konten cerpen tidak boleh memicu SARA atau yang mendorong semangat fanatik sempit, picik, anti-refleksi dan anti-pembelajaran, pelecehan terhadap kemanusiaan.
Sesuai dengan tema, konten membicarakan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang mana kekayaan itu sangat memberi pengaruh terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan budaya suatu tempat atau lokal.
Cerita pendek harus memiliki/mengandung Kisah.
Naskah harus karya asli secara keseluruhan, dan bukan terjemahan atau saduran.
Naskah belum pernah dipublikasikan di media cetak, elektronik ataupun online, dan tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
Peserta hanya boleh mengirimkan 1 naskah terbaiknya.
Naskah yang dikirim menjadi milik panitia penyelenggara, dengan hak cipta tetap pada penulis.
Hak untuk mempublikasikan naskah peserta dan para pemenang menjadi sepenuhnya milik penyelenggara lomba, dan tidak diperkenankan mempublikasikannya di media lain, terkecuali bila penulis yang bersangkutan ingin membukukannya dalam antologi atau karya tunggalnya sendiri.
Hak penerbitan dalam bentuk buku sepenuhnya ada di tangan penulis.
Setiap naskah yang dikirim akan ditampilkan di marwanmansyur.org
Naskah yang tidak sesuai dengan persyaratan tidak akan ditampilkan di marwanmansyur.org dan tidak akan disertakan dalam proses penjurian .
Penyelenggara lomba berhak mengganti judul dan menyunting, tanpa mengubah isi.
Keputusan juri mengikat, tidak dapat diganggu gugat, dan tidak ada surat-menyurat.
Dewan juri akan mempertanggungjawabkan secara tekstual atas alasan mengapa naskah menjadi pemenang. Dan akan dipublikasikan di bawah bersama naskah pemenang di media yang sama.
Lomba dibuka tanggal 1 Maret 2015 dan akan ditutup pada tanggal 1 April
Pengumuman pemenang berikut publikasinya dapat dilihat di marwanmansyur.org pada tanggal 30 April 2015.
Pajak ditanggung Panitia.
Syarat Khusus:
Naskah diketik di kertas A4, Times New Roman, font 12, spasi 1,5. Minimal 4 halaman, maksimal 10 halaman.
Tidak diperbolehkan menuliskan nama pengarang atau identitas lain di dalam naskah cerpen. Hanya judul dan teksnya saja. (biodata penulis ditulis dan dilampirkan di form yang telah disediakan oleh panitia)
Judul diletakkan di tengah atas teks dengan font paling besar 18, dengan huruf yang tegas dan jelas.
Naskah ditulis dengan Bahasa Indonesia.
Naskah Cerpen dikirimkan melalui email ke : sayembaracerpenlahat@yahoo.co.id
Pada judul surel ditulis judul cerpen saja (bukan nama atau identitas lainnya) dan tidak boleh dikosongkan.
File naskah dikirimkan berupa attachment/lampiran. Dan tanpa kata pengantar dalam laman surel.
Peserta mengisi Formulir yang dapat di ambil di www.marwanmansyur.org
Hadiah:
Pemenang I: Uang Tunai Rp 2.500.000
Pemenang II: Uang Tunai Rp 1.500.000
Pemenang III: Uang Tunai Rp 1.000.000
Penjurian:
Keselarasan gaya ungkap dengan karakter bangsa pengarang, atau gaya ungkap yang menunjukkan rupa mental pengarang yang beridentitas suatu suku bangsa (subkultur). Dengan estetika bahasa maupun melepaskan diri dari estetika bahasa.
Kejernihan berbahasa dan ketajaman mata bedah pengarang akan masalah suatu lokal.
Kisah yang diusung, karakter yang dikembangkan, pendeskripsian yang dinarasikan, gagasan pengarang dan tehnik penulisan.
Formulir Peserta
Data Penulis
Nama :
Tempat Tanggal Lahir :
Alamat :
Sekolah/universitas/instansi :
No Tlp :
No Rekening :
Jejaring Sosial :
Lainnya :
Sertakan foto saat mengirim cerpen dan formulir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar